Update Marsmallow 6.0 di Smartphone Android mu

Android 6.0 Marshmallow resmi diluncurkan oleh Google. Yup Os untuk Smartphone terbaru dari google ini mempunyai beberapa kelebihan dari Os sebelumnya apa saja itu?Simak dibawah ini

1. Modus ‘Doze’

Kelebihan Android Marshmallow yang pertama adalah memiliki modus “Doze” yaitu sebuah teknologi terbaru yang mampu memperkecil konsumsi daya baterai ketika smarpthone Android berada pada kondisi standby atau mode sleep. Cara kerja fitur ini tidak jauh berbeda dengan fitur penghemat baterai yang dimiliki smartphone Sony, Huawei, maupun Samsung, yaitu dengan cara menonaktifkan sebagain besar aplikasi backgroud. Terbukti Modus Doze sangat efektif untuk menghemat daya baterai pada sistem operasi Android Marshmallow, dan untuk mengaktifkannya sobat cukup melakukan pengaturan pada menu setting.

2. Dukungan USB Type C

USB Type C mungkin masih asing di telinga sobat deteknokers. Yups konektor jenis baru ini, memang baru diaplikasikan pada sedikit perangkat smartphone Android, seperti OnePlus 2 dan Lenovo Zuk Z1. Menariknya, USB Type-C sudah didukung sepenuhnya pada sistem operasi Android Marshmallow, sehingga memungkinkan pengisian baterai 5 kali lebih cepat dibandingkan memakai konektor microUSB tipe biasa. Selain itu, kelebihan Android Marshmallow adalah dapat mengisi smartphone lain pada waktu yang sama, atau bisa dikatakan memiliki fungsi sebagai sebuah powerbank.

3. Android Pay

Inilah kelebihan Android Marshmallow yang paling diunggulkan Google untuk bersaing melawan Apple, yaitu fitur Android Pay. Teknologi pembayaran digital yang memanfaatkan koneksi Near field communication (NFC) tersebut, telah sepenuhnya berjalan lancar pada sistem operasi Android V6.0, dan siap untuk berasing melawan Apple Pay yang terlebih dahulu di komersilkan pihak Apple. Kabar baiknya, Android Pay siap diluncurkan di beberapa negara Asia Tenggara, dan tak menutup kemungkinan akan segara hadir di Indonesia dalam waktu dekat ini.

4. Sensor Sidik Jari

Walaupun sudah banyak smartphone yang dibekali sensor sidik jari, namun Google belum melakukan standarisasi dukungan terhadap sensor sidik jari pada sistem oprerasi Android. Alhasil setiap smartphone yang memakainya memiliki spesifikasi dan kemampuan berbeda-beda. Namun dengan hadirnya Android Marsmallow, diharapkan semua vendor smartphone yang memberikan standarisasi pemindai sidik jari yang siap mengoptimalkan keamanan pada fitur Android Pay dan data-data yang tersimpan pada Hp Android berbasis Android Marshmallow.

5. App Permissions

Kelebihan Android Marshmallow selanjutnya adalah peningkatan fitur “App Permision” yang memungkinkan pengguna smartphone Android untuk mengatur ijin sebuah aplikasi dengan cara menekan tombol “Allow” atau “Deny”. Fitur ini akan mempermudah sobat deteknokers dalam mengatur aplikasi yang berjalan pada background processor, sehingga kebutuhan memori Ram akan tetap terjaga.

6 Auto Backup Aplikasi

Android Marshmallow juga membawa fitur Auto Backup yang memungkinkan smartphone untuk menyimpan user data dan settingan dari aplikasi ataupun game kedalam Google Drive. Itu artinya, saat sobat melakukan hard riset atau mengganti smartphone baru, maka aplikasi dan game yang sebelumnya sobat miliki akan kembali bisa dipakai lengkap dengan settingan pada smartphone sebelumnya, dengan terlebih dahulu melakukan sign-in ke akun Google.

7. Google Now on Tap

Bagi pengguna smartphone Android pastinya tak asing dengan aplikasi Google Now. Aplikasi yang siap memberikan beragam informasi lewat perintah suara tersebut, kini bisa sobat aktifkan dengan cara menekan tombol home beberapa saat, lalu secara otomatis sobat bisa langsung melakukan perintah suara untuk mencari informasi. Kelebihan Android Marshmallow tersebut hampir mirip dengan apa yang ditawarkan Apple pada aplikasi asisten pribadi “Siri” besutannya. Nah itulah beragam kelebihan Android Marshmallow yang kami lansir dari AndroidPit.

Kekurangannya tentunya tidak semua smartphone atau gadget diberikan semua fasilitas yang ada di Os 6.0 ini juga proses perangkat lama ke perangkat baru pasti membutuhkan waktu yang mungkin hanya kelas smartphone kelas menengah ketas dengan spek mumpuni terlebih dahulu. Nah mungkin apakah smartphone anda termasuk yang akan dapat update OS terbaru dari google ini bisa lihat daftarnya dibawah ini.


Samsung Galaxy Note 5, Samsung Galaxy S6 Edge+, Samsung Galaxy S6, Samsung Galaxy S6 Edge, Samsung Galaxy A8, Samsung Galaxy Note 4, Samsung Note Edge, Samsung Galaxy S5, Samsung Galaxy A5 (TBC), Samsung Galaxy E Series (TBC), Samsung Galaxy S6 Duos, Samsung Galaxy Note 4 Duos, Samsung Galaxy Alpha, Samsung Galaxy Tab A

Sony Xperia M5, Sony C5 Ultra, Sony Xperia Z3 Plus, Sony Xperia Z3, Sony Xperia Z3v, Sony, Xperia Z3 Compact, Sony Xperia Z2


Nexus 5, Nexus 6, Smartphone Google Edition


LG G4, LG G3


Lenovo Vibe Shot, Lenovo A7000 Special Edition / K3 Note, Lenovo ZUK Z1


Moto X Style, Moto MAXX, Moto X Play, Moto X, Droid Turbo, Moto G


Zenfone 2 series (ZE551ML, ZE550ML, ZE500CL), New Zenfone 2 Deluxe (ZE551ML), Zenfone 2 Laser (ZE550KL/ZE601KL), Zenfone Selfie (ZD551KL)


HTC One M9, HTC One M9 Plus, HTC One E9, HTC One E9 Plus, HTC One M8 (Akhir Tahun 2015), HTC One ME, HTC One E8, HTC One M8 EYE, HTC Butterfly, HTC Desire 826, HTC Desire 820, HTC Desire 816


Huawei Ascend Mate 7, Huawei Honor 6, Huawei 6 Plus, Huawei P8


OnePlus One, OnePlus Two


Xiaomi Mi 4i, Xiaomi Redmi Note 2

Berbagi Ke Lainnya