Apa Yang Harus Dilakukan Jika Ketinggalan Pesawat

Ketika saya mau terbang dengan pesawat saya telat untuk check in. Saya sebenarnya belum terlambat betul. Pesawat take off 15.30 sementara saya sampai di bandara pukul 15.15.

Ternyata saya telat untuk check-in. Batas akhir check in terakhir adalah pukul 15.00 atau setengah jam sebelum pesawat berangkat. hahaha.

Terus apa donk yang mesti dilakukan jika terlambat boarding?
1. Jika terlambat pesawat maka JANGAN PANIK
2. segera tanyakan ke petugas maskapai yang ada di bandara pesawat berikutnya jam berapa, ada kursi kosong nggak? Untuk Garuda maka biasanya di bandara ada customer service yang stand by, yang jika ada penumpang telat mesti lapor ke ybs jika ingin dicarikan penerbangan berikutnya.

Umumnya setiap peenrbangan ada kursi yang masih kosong.

jadi intinya terlambat naik pesawat santai saja.......

Terus belakangan ada ya Menteri yang ngamuk karena ditinggal pesawat. Menteri yang ketinggalan pesawat itu adalah Menteri Marwan Jafar.

Sementara menurut situs Tempo, Marwan dijadwalkan hadir di acara seminar di Jogja pada pukul 09.00, tapi dia baru muncul di seminar pada pukul 13.15. Penyebabnya Marwan terbang dari Jakarta menuju Yogyakarta dengan pesawat Garuda pada pukul 08.05. Namun, Marwan baru sampai di Bandara Soekarno-Hatta pada pukul 08.00

Kesal karena ketinggalan pesawat, dan penerbangan susulannya delay, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Marwan Jafar bahkan sampai meminta Menteri BUMN Rini Soemarno mengganti direksi PT Garuda Indonesia.

Karena sikapnya itu menteri Marwan banyak dikritik di media sosial.

Bapak Menteri mungkin belum tau GI punya informasi layanan check in....

Masalah ketinggalan pesawat sebenarnya tidak hanya Marwan yang mengalami, banyak kok yang ketinggalan. Penyebabnya biasanya karena jalanan yang macet menuju bandara. 

Sebenarnya ada trik agar kita tidak ketinggalan pesawat dengan cara jangan sampai telat Check In. Sekarang bisa lho memangkas waktu check in dengan melakukan  city check in misalnya.

Dikutip dari web GI : ada beberapa cara check in selain check in di petugas di bandara.


Kami menyarankan kepada penumpang untuk check-in di bandara paling lambat 1 (satu) jam sebelum keberangkatan dengan tujuan dalam negeri atau 2 (dua) jam sebelum keberangkatan dengan tujuan luar negeri, namun akan lebih baik jika Anda tiba di bandara lebih awal dari yang ditentukan.

* City Check-in

Layanan City Check-in kini tersedia di Kantor Pemasaran Garuda Indonesia (Kantor cabang dalam dan luar negeri) mulai dari 24 hingga 4 jam sebelum keberangkatan.
Internet Check-in

* Internet Check-in 
Yang ditawarkan oleh Garuda Indonesia adalah cara lain untuk check in melalui situs website Garuda Indonesia. Layanan ini tersedia untuk rute penerbangan dalam dan luar negeri. Layanan ini tersedia mulai dari 24 hingga 4 jam sebelum keberangkatan. Namun, khusus untuk kota keberangkatan Jakarta (CGK) dengan tujuan domestik, layanan internet check-in tersedia mulai dari 24 hingga 2 jam sebelum keberangkatan.

Phone Check-in
Para penumpang yang memiliki tiket dapat check-in melalui telepon dengan Call Center Garuda Indonesia. Layanan ini tersedia mulai dari 24 hingga 4 jam sebelum keberangkatan.

Mobile Check-in
Para penumpang yang memiliki tiket dapat melakukan check-in melalui mobile app Garuda Indonesia. Layanan ini tersedia untuk rute penerbangan dalam dan luar negeri. Layanan ini tersedia mulai dari 24 hingga 4 jam sebelum keberangkatan. Namun, khusus untuk kota keberangkatan Jakarta (CGK) dengan tujuan domestik, layanan mobile check-in tersedia mulai dari 24 hingga 2 jam sebelum keberangkatan. Layanan ini tersedia untuk rute penerbangan dalam dan luar negeri.

Berbagi Ke Lainnya