Posts

Showing posts from March, 2017

Tanda tanda Mobil Harus Turun Mesin dan Biaya Turun Mesin

Image
Mobil suatu saat akan rusak dan turun mesin juga. Lalu seperti apa tanda tanda mobi sudah waktunya harus turun mesin.?

Tanda tanda yang umum digunakan untuk mementukan bahwa mobil sudah waktunya turun mesin adalah ketika mesin mobil ngebul asap putih dan keluar air dan basah oli.. cek oli berkurang.. sekarang oli tinggal setengah (berkurang banyak).

Berkurang bisa dari carter oli rembes atau masuk pembakaran kebuang lewat knalpot..mesin nyala tutup knalpot pake tangan lihat bekas nya..kalau ada bekas oli ya berarti turun mesin
Kalau tidak ada bekas oli ya berarti daleman mesin aman..paling air yang bikin asap putih nya..tinggal nyari tuh oli berkurang nya dimana..dari carter oli..area delko atau rembes dari baut blok mesin
Oli dah nyampur air radiator belum ..kalau sudah nyampur dengan air radiator oli jadi kaya susu warna nya..berarti harus turun mesin.
BIAYA turun mesin mobil sekitar Rp5 - 8 juta rupiah.

Van Belt Mobil Kijang Diesel Bunyi

Van belt berbunyi seperti suara tikus artinya apa?, mobil saya kalau ac hidup pas gigi 1 sama 2 ada suara tikus pada van belt.. Knapa ya?
Diagnosa awal adalah van belt Kurang kencang atau kering
Coba pas mesin nyala gesekin lilin pinggirnya kalau diam berarti vb kering
Iya gesekin lilin Ke V-belt nya ..
Cara lain mengecek kering tidaknya V belt adalah dengan hidupin mesin..lalu Kasih air..ke VB
Kalo hilang berarti V-belt nya kering..
Vbelt kalo kering (tidak ada retakan) untuk sementara bisa disemprot cairan belt dressing. Kalo sudah ada retakan harus diganti pakai vbelt baru.
Ganti sepaket VB... 3pcs


Kmren ganti 1 paket 150 sudah ongkos pasang.
Tanpa VB mobil diesel nggak bisa jalan...

Cara Mengkilapkan Lagi Velg Mobil Yang Kusam

Image
Ini adalah cara mengilapkan lagi velg mobil anda yang sudah kusam. Velg pun harus diperhatikan karena jika tidak mengkilap kesannya nggak bagus.
Seperti ini nih velg yang kusam:

Kalau sudah kayak begini lebih baik digosok ulang, lalu dicat... jadi Kinclong lagi da....

Biar nggak cape... Di pake perontok cat/soda api.... Trus di amplas halus.... Apabila ada lubang/pori di dempul sedikit, amplas lagi... Udah cat dasar dan warnai sesuai keinginan....



Klo masih awam...Mending dibawa ke tempat cat mobil.

Cara Menghilangkan Aspal Yang Menempel di Body Mobil dan Velg

Image
Mau tidak mau ketika ada perbaikan jalan mobil tetap harus lewat maka akan ada sedikit aspal yang menempel di cat mobil baik di body maupun di velg.

Lalu bagaimana menghilangkan aspal yang menempel di mobil? Kan susah banget tuh menghilangkan aspal yang menempel di mobil.

Caranya ternyata gampang, yaitu menggunakan minyak tanah.


Caranya adalah:

1. Buat ngilangin aspal pakai minyak tanah dulu, tunggu 5-10 menit aspal yang nempel di body meleleh.
2. Setelah aspal hilang, cuci bersih pakai sabun lalu keringkan

3. Lalu gosok memakai silicon menggunakan Kain halus
yakin nggak ada aspal di mobil kamu?
Coba deh Pintu bagian paling bawah diraba, kan ada yang kasar tuh, nah itu aspal yang nempel di bodi.
Paling jelas sih kalo mobilnya warna silver/putih, setelah di kuas pake minyak tanah keliatan banget proses aspal yang melelehnya



Kelemahan Menggunakan Adaptor Velg

Image
Setir getar, baut rawan patah, baut dol, baut macet, beban angkut berkurang, dll. Kecuali bikin nya bener" diukur dan presisi baru itu bakal berkurang, tp klo asalan ya ky gt 
Banyak yang jual siap pakai tuh om, belum jaminan presisi y om?
Adaptor yang benar-benar presisi pasti ada merknya dan buatan pabrik , seperti original punya bmw alpina, dll it mereka pernah mengeluarkan ukuran 4x100 ke 5x120 karena bmw 318 tahun 80-90 awal pcdnya 4x100 tapi dirubah ke 5x120, selama buatan tangan itu pasti bakal meleset , cuma banyak yang jual yang minim trouble.
Mending cari velg yang khusus et kecil di banding pake adaptor. Beresiko...
Kalau spacer..bautnya masih yang bawaan pasti jadi lebih pendek..jadinya dratnya sedikit..
Kalau amannya ya..pastinya standard aja.
Kenapa mercy dikasih baut 5x112 sedangkan kijang 4x114,3? Pernah cek bobot kosong mercy C klas, E klas, S klas berapa? Lebih daripada kijang yg pasti, dan mesin mereka lebih besar, dimensi body lbh bongsor, krn it perlu kerap…

Cara Ngecek Mesin Diesel Mobil Masih Bagus

Image
Anda punya rencana membeli mobil bekas bermesin diesel? Pengen tahu apakah mesin diesel mobil tersebut masih bagus atau tidak?

Bagaimana cara ngeceknya?


Dari saran seorang pakar mobil cara ngecek mesin mobil diesel masih bagus atau tidak adalah:
Buka tutup pengisian oli ditutup klep ..saat mobil hidup.. keluar asap putih gak.. Or check selang hawa saat mesin hidup ngebul asap putih??

Setiap beli mobil bekas siapin DANA tak terduga..minimal 5 s/d 10 juta..
Kalo keluar asap dikit pas di buka saja. Tapi selanjutnya ga ada asap lg bagaimana ?
Cukup aman..cabut juga ukuran oli dan lihat kondisi oli saat sebelum mesin hidup dan saat mesin hidup..
Start awal buka tutup radiator dan muncrat tidak saat mesin distarter??
Kalo kayak kopi susu.. sudah campur aer.. kalo warna normal /rada hitam aman..

Biaya Pasang Wiper Tambahan Di Belakang

Image
Mobil baru kekinian ada wiper di belakang. Wiper ini fungsinya sama penting dengan wiper di depan. Biar pandangan dari cermin ke arah belakang jelas sehingga mobil di belakang mobil kita kelihatan.

Pengalaman biaya pasang wiper tambahan di belakang sekitar rp800an termasuk wipernya dan dinamonya,

Namun beda barang dan bengkel bisa saja beda harga nya ya

Ganti Jendela Mobil Biasa Menjadi Elektrik Power Window Biayanya Berapa?

Image
Anda ingin menngganti jendela kaca mobil anda dari puteran menjadi elektrik power window?

Tapi masih buta dengan biayanya?

Berdasarkan dari pengalaman teman2 yang sudah sudah maka biaya untuk menggannti puteran kaca jendela mobil manual menjadi elektrik adalah:

1.teman A bilang 2 juta katanya sih cukup 2.teman B bilang barusan ganti, dpt di bukalapak 2.3jt. udah auto up/down 3. teman C bilang 2,4 jta udah sama arm rest pintu depan belakang
jadi kira2 memang sekitar 2-3 juta anda harus menyiapkan dana.
Namun ada juga yang menyarankan untuk tidak usah diganti karena ORI selalu lebih baik..

Jarum Rpm Mati Sebelah Mana Yang Harus Dicek Pertama ?

Jika jarum RPM mobil mati bagian mana yang harus dicek pertama?

Biasannya orang akan menyarankan untuk mengurut kabel. Jangan jangan ada kabel yang putus.

Namun dari pengalaman teman ia meminta tolong seorang tukang service TV dan berhasil

IC nya yang kena dan biaya IC dan ongkosnya sekitar Rp65.000

Jadi jika ada RPM mobil anda yang mati coba dicek IC nya dulu...minta tolong sama ahli service TV

Info ini saya dapat dari forum KKCI di facebook

Saat Di Turunan Posisi Persneling / Gigi Berapa?

Image
Kembali belajar dan latihan nyetir mobil yang benar. Hal hal seperti ini kadang tidak diajarkan dengan benar di kursus stir mobil. Banyak juga yang salah kaprah. Misal supir bis yang membiasakan diri gigi 0 atau persneling netral saat diturunan. Niatnya mau hemat malah mengundang bahaya yang sangat besar.

Ternyata dengan kondisi turunan gigi mobil 0 maka akan membuat rem cepat aus.Sangat berBahaya  rem panas bisa bikin blong.. Rem blong nyawa taruhannya..kl bis gigi netral...gaya dorong semakin besar....makanya mbl bsr dilengkapi jumpbreak sbg pengganti dan membantu enginebreak saat penurunan...modyar om kl netral. Takutnya master rem udah gak sehat, piringan cakram/tromol udah bergelombang, dan kampas rem udah gak rata, resiko turunan pake gigi netral ya ban ke kunci atau malah rem kurang pakem krn faktor diatas tadi.

Waktu saya diturunan dgn posisi Netral ,,,itu bahaya,,,, jangan dicoba lagi ya, bisa bisa nyium truk didepan


Turunan dianjurkan pakai gigi rendah 2 or 3..Berpungsi sebag…

Kisah Penginjil/Bruder Masuk Islam

Image
Ahok masuk islam?Bisa saja jika Alloh berkehendak.
Seorang penginjil/bruder saja bisa dapat hidayah dan masuk islam. Ia adalah Steven Indra Wibowo.
[Seorang mualaf ibarat besi yang baru jadi. Saatnya Allah menempa kita dan menjadikannya sebilah pedang. Kalau tidak ditempa, tidak akan tajam.]

Bagi Steven Indra Wibowo, agama adalah sebuah pilihan hidup. Seperti filosofi yang dianut oleh para leluhurnya, setiap pilihan inilah yang nantinya menjadi pegangan dalam mengarungi bahtera kehidupan. ‘’Bagi saya, Islam adalah pegangan hidup,’’ ujar pria kelahiran Jakarta, 14 Juli 1981 ini kepada Republika.
Sebelum memutuskan memeluk Islam, Indra adalah seorang penganut Katolik yang taat. Ayahnya adalah salah seorang aktivis di GKI (Gereja Kristen Indonesia) dan Gereja Bethel. Di kalangan para aktivis GKI dan Gereja Bethel, ayahnya bertugas sebagai pencari dana di luar negeri bagi pembangunan gereja-gereja di Indonesia. Karena itu, tak mengherankan jika sang ayah menginginkan Indra kelak mengikuti jeja…

Lagi Seorang Misionaris Kristen Masuk Islam

Image
Lagi dan lagi Alloh menunjukkan kuasanya. Seorang penentang islam malah akhirnya masuk islam. Mungkinkah Ahok akan masuk islam? Hanya Alloh yang tahu dan maha berkehendak.
 Dr. Gary Miller (Misionaris Kristen), Sang Penantang Al Quran: “Melakukan Riset Panjang Untuk Mencari Kesalahan Al Qur’an !”
DR. Gary Miller, adalah seorang ilmuwan matematika asal Kanada.
Selain menjadi anggota dewan ahli di universitas, Miller juga aktif sebagai misionaris Kristen. Miller adalah ilmuwan yang sangat meminati bidang logika dan hal-hal logis.
Pada awalnya, dia berpikir bahwa Al-Qur’an yang turun 14 abad yang lalu itu hanya membahas berbagai masalah di masa lalu.
Namun seiring dengan menguatnya arus Islam di Barat, Miller pun terdorong untuk mempelajari Al-Quran lebih mendalam dengan tujuan mencari celah-celah kesalahannya, sekaligus membuktikan ketidakotentikan kitab suci umat Muslim itu.
Miller mengatakan, “Mulai hari itu, saya membaca Al-Quran untuk mencari celah-celah kesalahan kitab ini. Melalui usaha…