Cara Cek dan Menambah Oli Mesin Mobil Sendiri Tanpa Perlu Ke Bengkel (Plus Video Tutorial)

Sedikit dikit bengkel tentu kantong anda akan terkuras. Bagi anda yang punya mobil anda minimal harus bisa mengecek dan menambah oli mesin mobil anda sendiri tanpa perlu ke bengkel.


Pada dasarnya gampang banget kok masalah oli ini.


berikut tata cara mengecek oli mobil. 
1. Buka Kap Mesin Mobil Memeriksa oli sebaiknya dilakukan sebelum mobil dinyalakan atau saat oli masih dingin. Namun jika sudah terlanjur menyalakan mesin, diamkan sekitar 10 menit terlebih dahulu. Biarkan mesin dan oli mobil dingin. Setelah mesin dingin, buka kap mesin mobil Anda. Pastikan untuk mengangkat kap mesin hingga terbuka sepenuhnya. Jangan lupa juga untuk menyangga kap mesin tersebut agar nantinya Anda bisa memeriksa kondisi mesin dengan lebih leluasa.
 
 2. Tarik Tongkat Celup Oli Setiap mobil pasti memiliki tongkat celup yang terhubung ke tangki oli. Tongkat ini berfungsi untuk memeriksa jumlah oli yang ada di dalam tangki dan biasa digunakan untuk memeriksa kondisi oli mobil. Lokasinya memang tidak selalu sama antara mobil yang satu dengan mobil yang lain. Akan tetapi biasanya tongkat celup ini terletak di bagian depan mesin. Namun untuk lebih pastinya, sebaiknya Anda memang memeriksanya dalam buku manual mobil terlebih dahulu. Jangan sampai Anda justru menarik tongkat celup cairan transmisi. Selanjutnya tarik tongkat tersebut dengan sedikit sentakan dan bersihkan dengan kain lap bersih.
 
 3. Masukkan Tongkat Celup untuk Mengukur Level Oli Masukkan kembali tongkat celup oli hingga keseluruhan bagian tongkat masuk ke dalam tangki. Periksa bagian akhir tongkat tersebut. Jika oli berada di bawah garis ADD, tandanya Anda perlu menambah oli. Namun jika masih berada di dekat garis FULL, berarti masih belum ada alasan untuk menambah oli. Selain memeriksa kuantitas oli, sebaiknya periksa juga kualitas olinya. Jika oli terlihat kotor atau terlihat agak berasap, itu tandanya oli sudah harus diganti. Dengan mengetahui cara menambah dan mengecek oli ini, mobil Anda akan jauh lebih terawat dan Andapun bisa lebih menghemat biaya perawatan mobil. 
 
4. Membuka tutup Oli mesin Jika Oli Mesin Kurang Ditambah menuangkan oli baru melalui lubang pengisian yang perlu Anda tahu dalam tahapan ini adalah pastikan untuk menggunakan oli yang tepat dan menuangkannya sesuai dengan petunjuk penggunaan mobil. Kemudian cek lagi tongkat celup oli apa sudah mencapai batas ambang full.
 
 

0 Response to "Cara Cek dan Menambah Oli Mesin Mobil Sendiri Tanpa Perlu Ke Bengkel (Plus Video Tutorial)"

Post a Comment

Weblog ini dikunjungi ribuan orang tiap harinya. Terima Kasih atas Kunjungan Anda. Berikan kritik, saran, dan/atau tanggapanmu di kolom komentar. :-)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel